Sabtu, 29 September 2012

Tentang OBIP Forum di web upi.edu


OBIP Forum 2012 – Geliat UPI Awal Tahun Akademik 2012/2013

Written on:August 30, 2012
Comments
Add One
0
Oleh Ahmad Dahidi
SEKITAR bulan April dan Juni 2012, saya pernah menulis serangkaian artikel ihwal Osaka Bisnis Intership Program (OBIP) di web upi.edu, beberapa di antaranya menginformasikan tentang gagasan program OBIP muncul, kegiatan peserta OBIP di Osaka Jepang, dan tulisan yang berisikan memperkenalkan perusahaaan perusahaan tempat peserta OBIP training.  Dari serangkaian kunjungan saya ke perusahaan tempat OBIP diselenggarakan terlintas gagasan untuk menyelenggarakan event „OBIP Forum“, alhamdulillah respons para „bos“ perusahaan Jepang dan pimpinan UPI sangat positif. Gagasan ini muncul terdorong adanya manfaat OBIP yang demikian posotif baik bagi UPI sendiri (khususnya para mahasiswa peserta OBIP), perusahaan tempat training, dan tentunya hubungan lembaga UPI dan perusahaan Jepang yang nota bene program kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat tekad UPI menggelindingkan visinya menjadi universitas Pelopor dan Unggul di masa yang yang akan di datang di kancah internasional (khususnya dengan Jepang).
Perlu saya kemukakan kembali bahwa Osaka Bisnis Intership Program (disingkat OBIP) merupakan program berjangka satu bulan bagi para mahasiswa UPI ke Jepang, dan program ini merupakan pula tindak lanjut MOU yang telah disepakati antara Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Osaka in the World Committee (OIW), dan PT. Okatos Hero Real Estate Osaka Jepang pada tahun 2012. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, UPI dan OHRE khususnya telah sepakat akan melaksanakan OBIP Forum pada bulan September 2012. Jadi, OBIP Forum 2012 ini merupakan sebuah kegiatan lanjutan dari OBIP yang telah dilaksanakan pada bulan April 2012 di Osaka, Jepang.
Adapun maksud dan tujuan kegiatan OBIP Forum sebagai berikut.
a)      Untuk mengenalkan perusahaan-perusahaan tempat para peserta OBIP melakukan kegiataninternship kepada Civitas Akademika Universitas Pendidikan Indonesia khususnya dan pemerintah Jawa Barat pada umumnya.
b)      Reuni antara perusahaan-perusahaan tempat peserta OBIP melakukan kegiatan internship di kota Bandung asal para peserta OBIP, untuk menguatkan ikatan silaturahmi, dan untuk memastikan misi yang telah dicapai oleh para peserta OBIP dalam program OBIP tahun 2012.
c)      Untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya, ekonomi, politik, wisata ynag ada di Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia ke mata internasional.
d)     Untuk mengenalkan budaya serta cara berpikir Jepang ke Indonesia.
e)      Menyediakan kesempatan yang sangat efektif bagi perusahaan-perusahaan tempat OBIP dilaksanakan untuk berhubungan dengan orang-orang penting di Universitas Pendidikan Indonesia, pemerintah provinsi Jawa barat serta arena politik dan ekonomi di Indonesia.
Berikut ini adalah penjelasan sekilas tentang rencana OBIP Forum 2012.
OBIP Forum 2012
  1. 1.      Konsep Kegiatan
Seperti disampaikan dimuka bahwa OBIP Forum ini merupakan tindak lanjut atau sebagai “oleh oleh” dari Osaka ketika saya dipercaya UPI menjadi pembimbing OBIP bulan April 2012. Insya Allah OBIP Forum 2012 akan dilaksanakan tanggal 5, 6, dan 7 September 2012 di UPI, kegiatan yang utama ada dua yakni Seminar Internasional dan Diskusi Panel yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari berbagai jurusan, para pengusaha asal Indonesia serta para pengusaha yang berasal dari Jepang tempat peserta OBIP melaksanakan program internship. Kegiatan seminar dan diskusi ini dapat dijadikan pula sebagai ajang reuni bagi para pejabat UPI serta para dosen yang terlibat dalam program OBIP, peserta OBIP, calon peserta OBIP 2013 dan para pengusaha Indonesia juga perusahaan tempat peserta OBIP melakukan kegiatan Internship.
Secara rinci konsep kegiatan ini bisa dijelaskan sebagai berikut. OBIP Forum 2012 ini akan diadakan selama 4 (empat) hari 3 (tiga) malam, mulai dari tanggal 4 September 2012 sampai tanggal 7 September 2012. Pada hari pertama, akan diadakan acara OBIP Reunion Party dimana di acara tersebut merupakan acara reuni antara para pimpinan dan dosen-dosen UPI yang terlibat dalam program OBIP, para peserta OBIP 2012 serta para pengusaha asal Jepang tempat para peserta OBIP melakukan kegiatan business Internship. Acara kedua adalah Special Seminar yaitu Seminar Internasional yang terbagi ke dalam empat kelompok dengan tema yang berbeda-beda dan narasumber berasal dari Jepang. Acara ketiga adalah Panel Discussion yaitu diskusi panel yang terdiri dari panel diskusi kelompok A dengan tema “Hal-hal apa saja yang telah diraih oleh para peserta OBIP” dan panel diskusi kelompok B dengan tema “Internship dan bisnis”. Dalam panel discussion tersebut akan didatangkan juga para narasumber yang berasal dari perusahaan-perusahaan tempat peserta OBIP melakukan kegiatan internship. Acara keempat adalah acara Seminar Investasi atau Investment Seminar yang akan membahas tata cara dan atmosper untuk berinvestasi di Indonesia. Peserta dari seminar ini adalah para pengusaha asal Jepang tempat peserta OBIP melakukan kegiatan business internship, sedangkan narasumber adalah para ahli dan profesional dari kota Bandung dan Jawa Barat di bidang investasi, pembangunan, bidang hukum dan sebagainya.
  1. Pelaksanaan dan Tema Kegiatan
a)      Kegiatan    :  OBIP Reunion Party
                 Tanggal       :  4 September 2012
                 Pukul          :  19:00 WIB
                 Tempat       :  Isola Resort
b)      Kegiatan    :  Spesial Seminar
TanggalTanggal :  5 September 2012
Pukul     :  08:30-10:50 WIB
Tempat  :  Gedung LPPM UPI Lantai 4, terbagi menjadi 4 (empat) kelompok.
Seminar 1
Tema          : Mind of Cleanliness in Japanesse Culture
Pembicara  : Perwakilan dari PT. Gyunyuu Sekken, Japan
Seminar 2
Tema         : How Parents Educate Their Children in Japan
Pembicara : Perwakilan dari Northern Lights, Japan
Seminar 3
Tema          : Japanese Housing Technology
Pembicara  : Perwakilan dari PT. Daiwa House, Japan
Seminar 4
Tema          : How to Become a Medical Professional in Japan
Pembicara  : Direktur Wakikai
,
      Tan
c)      Panel Discussion
Tanggal            :  6 September 2012
Pukul   :  15:00-17.30 WIB
Tempat       :  Gedung Balai Pertemuan BPU UPI
Kegiatan          :
Panel A (What has OBIP Achieved?)
 Panelist : OBIP Fellow(2), Mr, Tsutsui, Daiwa House, Gyunyu Sekken,                                       Okatos Hero Real Estate
Panel B (Internship, business and beyond)
Panelist : Northern Lights, Wakikai,
Prof. Furqon, M.A, Ph.D. (UPI)
d)     Kegiatan    :  Investasi Seminar
Pembicara : Irma Rachmawati, SH.
Tanggal            :  7 September 2012
Pukul   :  08:00 WIB
Tempat      :  Gedung Amphitheatre UPI

Penutup
Demikian informasi ihwal OBIP Forum yang bisa saya sampaikan. Saya berharap partisipasi aktif dari rekan rekan Civitas Akademika UPI khususnya dan pihak terkait lainnya untuk turut serta dalam kegiatan ini. Bagi rekan rekan yang berminat mengikuti rangkaian kegiatan OBIP Forum, bisa menghubungi panitia dengan alamat:
  1. Sdr. Shinta tlp 0857 2244 1055
  2. Sdri. Maria tlp 0852 2235 1140
  3. PT. Okatos Hero Mandiri Bandung tlp. 022 2006961
Bumi Siliwangi, 30 Agustus 2012
Cacatan:
Untuk mengenal perusahaan perusahaan Jepang tempat peserta OBIP Training (khususnya perusahaan yang terlibat dalam OBIP Forum) ini, bisa dibaca di web upi.edu edisi 6 Juni 2012, dengan judul „Profil Perusahaan Tempat Training Peserta OBIP 2012“.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar